Rabu, 19 Juni 2013

7 Tips Merawat Rambut Menggunakan Bahan Alami


 






“Rambut adalah Mahkota”, demikian sebagaian orang beranggapan, terlebih lagi bagi kaum perempuan. Banyak cara yang dilakukan kaum perempuan untuk merawat  rambut mereka agar terlihat indah dan menarik. Tidak jarang ada yang sampai mempunyai budget khusus untuk membeli berbagai formula untuk perawatan rambut.
Tapi tidak jarang juga ada yang harus mengalami kekecewaan, karena formula yang berbahan kimia yang mereka gunakan tidak cocok dan akhirnya mengakibatkan kerusakan rambut, dan yang terburuk adalah mengalami kerontokan rambut. Untuk itu, daripada berisiko tinggi menggunakan formula yang berbahan kimia, lebih baik gunakan bahan-bahan yang alami.
Berikut 7 Tips merawat rambut menggunakan bahan alami yang kami rangkum dari berbagai sumber.
1. Buah Alpukat
Buah Alpukat bisa dibuat masker rambut. Campur dua putih telur dengan setengah dari alpukat yang sudah ditumbuk halus, kemudian usapkan di rambut selama 15 menit, kemudian cuci. Cara cepat dan murah menggunakan bahan alami yang akan membuat rambut Anda super mulus.
2. Aloe Vera
Aloe Vera atau lidah buaya bisa kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Caranya, patahkan daun lidah buayanya dan usapkan di kulit kepala dan rambut Anda, atau ditambahkan ke shampoo biasa.
3. Ikan sarden
Ikan sarden atau mackarel (ikan tenggiri) adalah ikan yang mengandung asam lemak Omega 3 yang baik untuk pertumbuhan kesehatan rambut. Selain ikan sarden dan tenggiri, Anda juga bisa mengkonsumsi ikan salmon, ikan rohu, ikan mas, dan bawal.
4. Kaktus
Nutrisi yang sama yang memungkinkan kaktus pir berduri untuk berkembang di bawah sinar matahari terik, juga dapat membantu meremajakan rambut yang rusak karena terpapar panasnya sinar matahari. Di Jamaika yang kering, mereka  mengupas kaktus dan mencuci rambut mereka dengan minyak untuk membuatnya lebih subur dan terhidrasi.
5. Espresso
Hal ini dilakukan oleh kaum perempuan di India. Untuk mendapatkan warna yang ‘kaya espresso’, perempuan di India menggabungkan mehndi, pewarna sayur, dengan ampas kopi atau daun teh. Campur semuanya menjadi pasta, lalu oleskan pada rambut. Semakin lama itu tertahan di rambut, maka semakin banyak deposito warnanya untuk rambut.
6. Santan kelapa
Ada resep lokal yang telah diwariskan di antara orang-orang di Thailand.  Anda parut kelapanya dan kemudian dicampur dengan air, kemudian diperas untuk mendapatkan santannya, setelah itu santannya Anda panaskan di atas kompor sampai lemaknya (bakal minyak) terpisah dari air. Sendok keluar lemak tadi dan biarkan dingin sebelum dioleskan pada rambut sebagai sampo untuk memberikan kelembaban, kelembutan, dan kemilau indah. Di Manado dikenal dengan nama “bacoho” biasa dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari Nusa Utara, tapi mungkin tidak dipanaskan santannya, seperti yang di Thailand.
7. Kacang-kacangan
Rambut yang sehat juga perlu dosis yang sehat dari seng (zinc) dalam makanan Anda. Jika Anda bertanya-tanya mengapa rambut bisa rontok, jawabannya adalah, Anda kekurangan zinc. Karena itu Anda disarankan untuk mengonsumsi kenari dan almond. Kacang-kacang tersebut mengandung senyawa tertentu yang selain bisa menyehatkan rambut, juga bisa mengurangi risiko kanker seperti flavonoid, fitokimia dan antioksidan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ratikayuza Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada